Kamis, 23 Juni 2022
Advertisment
BerandaLiputanEventKerinduan Pentas Dalang Remaja Terobati

Kerinduan Pentas Dalang Remaja Terobati

Festival Dalang Remaja Kota Semarang kembali digelar. Event tahunan ini, menjadi pengobat rindu para dalang setelah dua tahun tidak pentas.

Kali ini festival digelar secara virtual. Sistem seleksi dilakukan secara digital. Peserta mengirim video pementasan. Kemudian dikurasi oleh dewan juri. Lalu terpilih 10 nominasi besar dan masuk grand final.

“Ini sekaligus menyongsong Hari Wayang. Peserta yang masuk grand final itu tampil langsung di Gedung Pertunjukan Sobokarti (3-4 November),” kata Kasi Atraksi Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Sarosa.

Agenda tahunan ini, menjadi ajang kreativitas seni pedalangan dan pendongkrak kesenian wayang bagi anak-anak muda. Peserta yang ikut pun dibatasi. Mulai usia 12 tahun hingga 18 tahun.

“Pedalang muda ini juga melakukan pentas virtual di youtube-nya masing-masing. Mereka juga ingin eksis meski situasinya seperti ini. Kami mengapresiasi kreativitas mereka itu,” ungkapnya Kamis (4/11/2021).

Sementara itu, Danang Lawu Sulistiyono, 16, salah satu peserta mengaku senang dengan festival dalang remaja ini. Ia sudah lama merindukan panggung pementasan dan riuh suara penonton. Baginya, festival ini menjadi ajang pengembangan diri sebagai dalang. Ia pun membawakan lakon Minakjinggo Leno dalam penampilannya.

“Saya merasa diperhatikan kembali. Karena selama pandemi, saya cuma bisa latihan dan pentas kecil-kecilan lewat youtube,” ujar remaja asal Gunungpati, Semarang ini. (dev/zal)

Artikel ini telah terbit di :
https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/semarang/2021/11/05/kerinduan-pentas-dalang-remaja-terobati/

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru